Games Cheats Hack

Membuat Online Video Share Seperti You Tube

Bagikan :
Ingin membuat komunitas video share seperti youtube atau layanan video gratis lainnya..?? Tidak perlu pusing mencari CMS alternative yang khusus untuk pengelolaan video sharing. Dengan menggunakan joomla website video sharing tersebut dapat dengan mudah kita buat, tentunya dalam hitungan menit.
Namun perlu diperhatikan, pastikan anda memiliki koneksi internet dengan bandwith yang memadai, karena untuk mengupload sebuah file video ataupun menonton video secara online sangatlah membutuhkan bandwith internet yang cukup besar.
Hal pertama yang anda perlu lakukan adalah tentunya melakukan instalasi Joomla CMS , jika bingung artikel saya tentang penginstalasian Joomla CMS mungkin dapat membantu anda. Tentunya anda harus memilah-milah komponen, modul atau plugin apa saja yang anda butuhkan. Jika anda telah menentukan seperti apa Joomla CMS yang akan anda buat, maka berikutnya agar Joomla CMS mampu mengelola file video, anda perlu mendownload beberapa plugin untuk mempermudah pengelolaan file video pada Joomla CMS.
Plugin yang diperlukan
Plugin pertama yang harus anda download adalah plugin buatan tim JoomlaWorksjerman. Nama plugin tersebut adalah AllVideos Plugin, dari namanya saja sudah dapat kita ketahui bahwa kegunaannya untuk hal-hal yang berbau multimedia. AllVideos plugin merupakan plugin Joomla CMS versi 1.0.x yang dapat digunakan untuk memainkan file-file multimedia baik secara lokal maupun menggunakan sumber-sumber dari website video sharing yang sudah terkenal. Informasi lebih lanjut mengenai AllVideos plugin anda dapat mengunjungi website pembuatnya. Untuk mendownload AllVideos Plugin klik link berikut.
Plugin kedua yang tidak kalah pentingnya adalah AllVideos Editor Button Pack Plugin, kegunaan plugin tersebut adalah untuk mempermudah kita dalam penulisan kode-kode pada plugin AllVideos. Jika telah terinstall, anda dapat melihatnya pada bagian bawah pembuatan content pada backend Joomla. Untuk mendownloadnya klik link berikut
Instalasi Plugin
Untuk melakukan instalasi kedua plugin tersebut terlebih dulu anda logn ke halaman backend joomla (halaman administrator). Kemudian pilih menu Installers--> Mambots , maka akan muncul halaman instalasi plugins/mambot joomla cms, seperti gambar dibawah ini.



Install Joomla Plugin

Setelah proses instalasi selesai, maka berikutnya anda harus mengaktifkan kedua plugin yang telah terinstal dari menu Mambots --> Site Mambots. aktifkan AllVideos Plugin dan All-in-One VideodePoche Buttons 2.5.
Sebelum digunakan anda harus mengkonfigurasi plugin AllVideos plugin dari halaman administrator menu Site--> Mambots kemudian pilih AllVideos plugin, ada beberapa parmeter yang harus anda perhatikan agar AllVideos plugin dapat bekerja, diantaranya adalah sebagai berikut :

Local Video Folder = tentukan dimana tempat file video akan anda simpan, misalnya anda meletakkan pada direktori images/stories/videos/

Local Audio Folder = tentukan dimana tempat file audio akan anda simpan, sebagai contoh images/stories/audio/
Sampai pada tahapan tersebut AllVideos Plugin sudah terkonfigurasi dengan setingan standar, silahkan anda berekseperimen untuk mengatur parameter lainnya.
Untuk mempermudah pengaturan konten video dan audio sebaiknya anda membuat beberapa sub konten. Pada joomla anda dapat membuatnya melalui backend joomla kemudian pilih menu Content--> Section Manager. Buat satu section baru, misalnya bernama Multimedia. Setelah itu buat kategori dari section tersebut, misalnya bernama video dan audio.
Pembuatan Konten Video
Untuk membuat konten video pada backend joomla (Admin Joomla) anda klik menu Content --> Content by Section, kemudian pilih Section yang anda inginkan, dalam demo yang saya buat saya memilih Section Multimedia --> Multimedia Item, kemudian buat satu konten baru dengan mengklik tombol New. Ilustrasi berikut akan mempermudah anda dalam pembuatan konten video pada joomla :

Jika sudah sampai pada tahap diatas, maka anda sudah berhasil membuat video sharing menggunakan joomla. Silahkan berkesperimen lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

POSTING BERKAITAN



1 komentar:

junkelse said...

info yang menarik mas.. saya akan coba..]
:D